Perusahaan yang mengintegrasikan cloud server ke dalam infrastruktur mereka membutuhkan setidaknya beberapa pengetahuan dasar tentang cara kerjanya. Komputasi awan masih merupakan teknologi yang relatif baru dan terus berkembang dalam hal apa yang dapat dilakukannya. Cloud memang menarik bagi perusahaan, tetapi berapa banyak bisnis yang dapat mengatakan dengan pasti bahwa mereka memahami cloud? Mengetahui dasar-dasar komputasi awan adalah satu hal. Bersiap untuk mengintegrasikan komputasi awan adalah hal lain yang sama sekali berbeda. Perusahaan yang ingin menerapkan penerapan cloud perlu merencanakan strategi yang cerdas dan tepat sebelum mereka memulai perjalanan cloud mereka. Di bawah ini, kami telah menguraikan beberapa ide dan konsep komputasi awan yang perlu diketahui oleh perusahaan penyedia cloud server profesional .

Anda hanya membayar sumber daya yang Anda gunakan
Manfaat komputasi awan yang paling sering dikutip oleh penyedia adalah efisiensi biaya. Secara khusus, vendor menyoroti model penetapan harga “bayar sesuai penggunaan” yang memberi cloud keunggulan biaya dibandingkan penerapan tradisional di lokasi. Alih-alih membayar tarif tetap untuk sejumlah sumber daya, model penetapan harga ini hanya menagih pengguna untuk sumber daya dan infrastruktur yang mereka gunakan. Perlu dipahami bahwa model penetapan harga ini tidak menjamin bahwa setiap penerapan cloud akan lebih murah daripada infrastruktur di lokasi. Namun, dalam hal biaya keseluruhan dibandingkan dengan penggunaan, model pay-as-you-use memberikan keuntungan finansial yang besar bagi perusahaan.

Data Anda dapat disimpan di mana saja di dunia
Saat Anda menyimpan data di lingkungan cloud, Anda (biasanya) tidak menyimpan data di server yang tidak dapat diakses secara fisik oleh perusahaan Anda. Sebaliknya, penyedia cloud Anda mengoperasikan server di lokasi yang terpisah dan biasanya jauh. Bergantung pada ukuran vendor, mereka dapat mengelola server di beberapa lokasi berbeda di seluruh dunia. Data Anda dapat disimpan di salah satu dari mereka. Penting untuk memahami di mana tepatnya data Anda disimpan, dan penyedia Anda harus memberikan informasi ini di awal dalam perjanjian tingkat layanan (SLA) mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *